Alasan menjadi PNS

8 Alasan Seseorang Ingin menjadi PNS

Posted on 1,303 views

Setiap kali berita pembukaan formasi PNS diumumkan oleh pemerintah, jagat dunia perkantoran swasta mendadak heboh. Banyak kantor yang kemudian ruangannya mendadak sepi karena pegawainya bolos demi mencoba mendaftar dan ikut test CPNS, ada juga yang cuti berjamaah dengan alasan liburan padahal pergi untuk mencoba peruntungan jadi PNS, dan banyak kejadian-kejadian lainnya.
Nah, melihat fenomena-fenomena ini, panselnas.ID membuat beberapa kesimpulan mengenai kenapa sih masih banyak banget orang yang ingin jadi PNS. Ingin tahu apa saja? berikut ini daftarnya:

  1. Mengabdi Kepada Negara
    Udah deh, gak usah peres. Gak mungkin banget alasan ini terpikirkan oleh kalian. Nggak usah klise ya.
  2. Menyenangkan Orang Tua
    Sungguh sebuah alasan yang mulia. Tidak ada yang salah memang dari menyenangkan hati orang tua. Bila orang tua senang, kesehatan mereka akan tetap terjaga dan doa dari mereka akan terus mengalir untuk anak-anaknya. Panselnas.ID pernah mendengar kalau ada beberapa orang yang memang masuk PNS karena permintaan dari orang tua. Dan bila orang tua sudah menyuruh atau meminta, itu tandanya ridho mereka sudah menyertai.
    Namun bila PNS memang bukan renjana dari sobat Panselnas.ID, ada baiknya hal itu dibicarakan dengan orang tua yang meminta kalian menjadi PNS. Pastikan kalau memang kalian ingin menjadi PNS itu bukan hanya karena permintaan orang tua, tetapi karena kalian juga senang menjalaninya. Jangan sampai di kemudian hari kalian menyesal menjadi PNS karena hanya ingin menyenangkan orang tua, tapi batin kalian sendiri sebenarnya tersiksa.
  3. Ingin Kerja Lebih Santai
    Jam pulang yang tak menentu dan beban kerja yang berat merupakan beberapa alasan yang membuat banyak sekali pegawai swasta yang berminat untuk menjadi PNS. Banyak sekali yang masih beranggapan kalau pekerjaan PNS itu jauh lebih santai. Well, tidak sepenuhnya salah juga sih. Mungkin memang ada beberapa pekerjaan di suatu badan atau kementerian yang pekerjaannya terlihat tidak begitu padat.
    Namun jangan salah, di era PNS jaman now, banyak juga lho PNS yang posisinya mengharuskan ia kerja keras bagai kuda. Lembur tiada terkira seperti pegawai swasta. PNS sekarang gak sama dengan tahun 90an bro. udah beda. Kalau mau santai dan bisa mengatur waktu sendiri, ya wiraswasta aja 🙂
  4. Hari Tua Terjamin
    “Kamu kerja apa?” tanya seorang bapak kepada salah satu anak tetangganya.
    “Aku PNS di kementerian ini om.” Jawab sang anak.
    “Oh, enak dong ya. Hari tua kamu terjamin dan pasangan kamu terjamin.”
    Lah, kalau cuma mau hari tua terjamin sih Karyawan Swasta juga bisa. Makanya selagi muda itu perbanyak investasi, jangan terlalu banyak foya-foya. Cobain reksadana, pasar modal, jadi ketika tua nanti kamu sudah punya aset dan uang yang mungkin akan bekerja sendiri untuk kamu.
  5. Anti Pemecatan
    Banyak yang berpikir kalau PNS itu tidak akan dipecat meskipun ia melakukan cukup banyak kesalahan. Kalau masih ada yang berfikir seperti itu, coba googling berita mengenai rencana pemecatan 2357 PNS yang korup. Kalau sudah baca, masih berpikir kala PNS tidak bisa dipecat?
  6. Cari Jodoh
    Nah, ini salah satu alasan favorit kenapa banyak orang yang ingin menjadi PNS. Untuk melamar seseorang, yang harus kita beri kesan baik bukan hanya kekasih kita, tetapi juga si calon mertua. Nah, PNS ini sering banget digunakan sebagai senjata pamungkas untuk mengesankan si camer. Kayaknya, ketika menjadi PNS, tingkat kegantengan dan kepedean akan bertambah ketika melamar.
  7. Banyak Sampingan
    Poin kali ini ada sedikit kaitannya dengan kerja yang lebih santai. Dengan kerja yang lebih santai membuat beberapa orang berpikir kalau mereka jadi PNS nanti, maka mereka bisa memiliki usaha sampingan yang mungkin saja bisa membuat mereka tidak perlu ke kantor tiap hari. Atau ada yang berpikir kalau PNS itu gaji pokoknya gk pernah diambil dan sabetannya kencang.
    Ibu, Bapak, Mas, Mbak, sistem absensi di beberapa kementrian dan badan sekarang itu kejam. Ada yang sekarang absensinya 3x seperti minum obat dan bahkan waktu absensinya dibatasi. Jadi jangan berharap kalian bisa keluyuran setelah jadi PNS. Seandainya mau usaha, mungkin yang online-online gitu kali ya, sehingga kalian tidak perlu meninggalkan kantor dan hanya perlu memantaunya dari gadget. Dan juga yang tidak kalah penting, KPK dan BPK itu galak banget, mau dapat sabetan apa? Sabetan ikat pinggang di badan?
  8. Ingin Bisa Merawat Anak
    Beberapa orang mengeluhkan kalau mereka melewatkan masa-masa emas bersama sang buah hati karena pekerjaan yang mereka geluti. Para orang tua ini melewatkan bagaimana anaknya mengucpkan kata “papa” yang pertama kali, melewatkan bagaimana si bayi bisa berjalan untuk pertama kali, dan juga mereka merindukan dimana mereka bisa bertemu saat anaknya masih terbangun. Agak susah memang kalau kondisinya seperti ini. TIdak bekerja maka tidak dapat makan, tapi kalau bekerja ya tidak punya kesempatan melihat si anak.
    Nah, dengan menjadi PNS, banyak yang berharap bahwa mereka bisa bekerja dengan waktu yang normal, pulang tepat waktu dan bermain bersama anak.

Itu tadi beberapa alasan mengapa banyak orang yang ingin melamar menjadi seorang PNS. Kamu ada di nomor berapa nih? Masih ada yang kurang nggak? Kalau masih ada, coba tambahin di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *